Tenjo Laut, Habitat Si Gagah Ayam Hutan (Gallus valius)

WhatsApp Image 2018-05-20 at 22.29.16

Seperti halnya wilayah pengelolaan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang bertematik, lokasi wisata alam di TNGC juga memiliki tema atau ciri khas. Salah satunya adalah Tenjo Laut yang memiliki tema habitat ayam hutan. Lokasi wisata alam ini berada di sebelah selatan TNGC.

Pagi hari pukul 09.00, 17 Mei 2018 muncul sosok seekor ayam hutan yang ditemukan langsung oleh masyarakat pengelola kawasan wisata, Dedi. Menurutnya, hampir setiap hari pada pukul yang sama ayam hutan jantan selalu berkokok. Tak seperti biasanya, pada hari itu ayam hutan menampakkan dirinya. Tentu saja ini menjadi momen istimewa. Dengan kemunculan ayam hutan ini, maka dapat menjadi pembelajaran dan atraksi  wisata bagi pengunjung Tenjo Laut, bahkan dapat menjadi pusat studi dan observasi bagi para pelajar.

Ayam hutan berperan sangat penting dalam ekosistem hutan, posisinya sebagai konsumen tingkat satu (pertama) membantu penyebaran tumbuhan yang ada di Gunung Ciremai. Tugas kita sebagai generasi muda untuk mengenalnya lebih dekat, tentu saja bukan untuk memburunya namun untuk mempelajarinya dan melestarikannya. Bagaimanapun hutan yang menjadi habitat ayam hutan merupakan penyangga bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, termasuk manusia. Apabila hutan rusak maka kehidupan manusia akan terancam.

Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

[teks & foto © BTNGC – Sirod | 052018]

#ayamHutan

#klhk

#ksdae

#gunungciremai

Ikuti Kami