Berkunjung ke Bumi Perkemahan Panten, Gunung Ciremai

IMG_20180607_071141_292

Bumi perkemahan (buper) Panten di hutan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) teletak di desa Argalingga, Argapura, Majalengka, Jawa Barat. Keunggulan yang dimiliki buper Panten adalah iklim yang sejuk, suasana yang sunyi dan jenis pohon pinus yang berada didalamnya.

Terletak pada ketinggian 1200 mdpl, menjadikan buper Panten beriklim sejuk, mampu menghilangkan kepenatan wisatawan yang dalam kesehariaannya terbiasa dengan suasana hiruk pikuk perkotaan. Selain itu, suasana yang sunyi juga dapat membantu menenangkan dan menyegarkan kembali pikiran wisatawan.

Tema buper Panten yaitu “Fun Education Camp”. Buper Panten memiliki unsur yang menyenangkan sekaligus terdapat unsur pendidikan untuk wisata. Wisatawan yang berwisata tidak hanya berlibur atau menginap tetapi juga dapat mendapatkan edukasi seperti pengenalan jenis anggrek, persemain dan koleksi tanaman obat.
IMG_20180607_071141_298
Buper Panten tidak hanya memiliki kawasan yang hanya dijadikan sebagai areal perkemahan, namun juga terdapat atraksi wisata lain seperti arena “outbond”. Arena “outbond” dapat digunakan oleh wisatawan untuk melakukan aktivitas edukasi konservasi sekaligus memacu adrenalin. Atraksi yang berada di arena outbond meliputi “flyingfox” dan tujuh jenis halang rintang yang terbuat dari tali tambang dan bambu dengan berbagai tingkat kesulitan. Arena “outbond” tersebut memiliki ketinggian ± 1m sehingga aman digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa.

Kebun koleksi anggrek memiliki tanaman ±71 jenis anggrek yang diambil langsung dari hutan Gunung Ciremai. Kebun koleksi anggrek tersebut difungsikan sebagai tempat koleksi anggrek sekaligus sarana pendidikan lingkungan.

Ayo berwisata sekaligus mengenal dan memahami konservasi alam lingkungan di TNGC.

[teks & foto © Gandi Mulyawan – BTNGC | foto © EKW – IPB | 062018]

Ikuti Kami