Pesona Desa Cibuntu, Wisata Alam Di Kaki Gunung Ciremai


.
Mumpung akhir pekan, yuk segarkan pikiran kita dengan berwisata alam. Ya, godaan kali ini datang dari desa wisata Cibuntu, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.
.
Desa penyangga kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang asri ini merupakan paket komplit bagi penikmat wisata alam.
.
Bagaimana tidak, selain Curug (air terjun, red) Gongseng yang berada dalam kawasan TNGC, Cibuntu juga menawarkan daya tarik khas pedesaan kaki paku bumi yang masih asri.
.
Hmm, kita ke Curug Gongseng dulu ya. Air terjun ini tampak eksotik karena berada dalam kepungan batu andesit yang memantulkan cahaya matahari.
.
Meskipun jatuhan air terjunnya tak terlalu deras, tapi sobat masih bisa menikmati sensasi percikan air di bawahnya.
.
Selain curug, Cibuntu juga punya segudang daya tarik lain di luar kawasan TNGC yang amat sayang dilewatkan begitu saja.
.
Bila sobat datang bersama rombongan besar, maka akan disambut dengan upacara adat Sunda di halaman Pendopo sambil meneguk minuman Jahe Sereh (Jasreh).
.
Kemudian wisatawan akan dibawa ke area wisata pendidikan seperti peternakan domba, pesawahan, kerajinan gerabah, dan kerajinan alat musik Sunda.
.
Selepas itu, wisatawan dibawa ke beberapa tempat peninggalan masa lalu seperti petilasan Laksamana Cheng Ho, batu kursi, dan beberapa Lingga-Yoni.
.
Saat matahari mulai tergelincir ke barat, jangan lewatkan singgah ke perkebunan karet yang “instagramable” banget sambil menikmati senja di pematang sawah.
.
Bila hari sudah gelap, sobat bisa bermalam dengan mengelar tenda di sekitar Curug Gongseng. Bila ingin lebih nyaman lagi, silakan menginap di “Home Stay”.
.
Yup, ada 60an “Home Stay” di desa Cibuntu lho. Penginapan rumah ini sudah diakui sebagai akomodasi nomor wahid dalam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 silam.
.
Oh ya, Cibuntu juga rutin menggelar acara Sedekah Bumi setiap tahun untuk ‘ngamumule’ (melestarikan, red) budaya agraris masyarakat Sunda.
.
Sedekah Bumi digelar selama 7 hari 7 malam lho. Acaranya yakni pengajian, tari tradisional, pencak silat, wayang golek, dan ‘kaulinan budak baheula’ (permainan anak zaman dulu). Cek aja IG @pesonacibuntu , ok!
.
Bila #sobatCiremai mau ke sini, “prepare” dulu ya. So, ayo wisata alam. Ayo ke taman nasional!.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © IG @dwindaha @pesonacibuntu @selladesiana @riry.nayzaviyana12 @pesonakuningan -BTNGC | 022020]

Ikuti Kami