Asa Mercury Sayang Kaak Susul Dua Juara API Dari Gunung Ciremai


.
Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan ajang apresiasi tahunan masyarakat terhadap pariwisata Indonesia yang digawangi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
.
Nah sejak digelar pada 2016, API telah menjadi penghargaan pariwisata bergengsi dan terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak, pada 2019 saja ada 5.000 destinasi yang bersaing ketat untuk meraih 180 mahkota juara dalam 18 kategori.
.
“Dilihat dari media online dan pemberitaan, terpantau 800 ribuan tautan yang berisi tentang API. Jumlah ini naik 330 persen dari tahun sebelumnya,” ungkap Muhammad Syafaa, Ketua Panitia API 2019 kepada Kumparan, November silam.
.
Lantas bagaimana dengan API 2020?.
.
Tak jauh beda dengan tahun lalu, pada tahun ke lima ini, API menelurkan 18 kategori mulai dari makanan, minuman, cinderamata, budaya hingga situs sejarah.
.
“Alhamdulillah. Mercury Sayang Kaak mulus melewati tahap pendaftaran dan seleksi pada akhir Mei kemarin dalam kategori Destinasi Baru Terpopuler,” kata Gandi Mulyawan, Kepala Resor Jasa Lingkungan (Jasling) di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka, Jawa Barat (3/7).
.
Gandi berharap Mercury Sayang Kaak bisa menyamai atau bahkan melebihi prestasi Desa Wisata Bantaragung yang meraih juara III kategori Surga Tersembunyi Terpopuler pada API 2017.
.
“Bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta masyarakat, kami akan berikan dukungan sepenuhnya demi kemajuan dunia pariwisata Majalengka,” kata pria berhidung mancung ini.
.
Selaras dengannya, Sirod Somantri, Kepala Resor Jasling di SPTN Wilayah I Kuningan juga berharap Mercury Sayang Kaak bisa menggapai tangga juara.
.
“Iya pada 2017, Bukit Seribu Bintang menggondol juara II dalam kategori Dataran Tinggi Terpopuler. Kami yakin Mercury pun bisa juara asalkan kita mau berusaha,” katanya (3/7).
.
#sobatCiremai, apa keuntungan menjadi juara API 2020?. Apa ya?. Tentu saja untuk melambungkan aktivitas pariwisata lokal dalam mewujudkan cita-cita API 2020 ‘Jadikan Indonesia Kiblat Pariwisata Dunia’.
.
So, mari kita buktikan destinasi wisata alam dalam negeri tak kalah indah dengan wisata luar negeri.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © IG @risma_sumyati by @exploremajalengka at @mercurysayangkaak -BTNGC | 072020]

Ikuti Kami