Kapolres Majalengka Cek Kondisi Rawan Karhutla Di Apuy, Gunung Ciremai


.
Sabtu (18/7) AKBP Bismo Teguh Prakosa, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Majalengka mengunjungi area Apuy, desa Argamukti, Argapura, Majalengka, Jawa Barat.
.
Kedatangan beliau untuk sosialisasi dan mengecek kondisi salah satu area rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).
.
Beliau hadir bersama Wakil Kapolres, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka, Camat Argapura, dan Muspika Argapura.
.
Hadir pula Kepala Desa Argamukti, Masyarakat Pedudi Api (MPA) Cangehgar, Masyarakat Pariwisata (MPGC) Apuy, dan masyarakat desa Argamukti.
.
Dalam kesempatan ini, Kapolres mengajak semua pihak untuk bahu membahu mencegah dan menanggulangi karhutla wilayah gunung Ciremai yang sudah menjadi atensi Presiden Jokowi.
.
“Kami sudah memasang spanduk pencegahan kebakaran hutan di lima wilayah Polsek yang berbatasan dengan hutan yaitu Polsek Rajagaluh, Sindangwangi, Argapura, Banjaran, dan Talaga,” katanya.
.
Beliau mengharapkan semua instansi seperti Kecamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Koramil ikut berkontribusi.
.
Tak hanya ajakan, beliau juga memberikan tiga paket peralatan pengendalian karhutla berupa 1 unit Toren air kapasitas 5000 liter dan 10 jetshooter ke daerah yang rawan tersebut.
.
Jaja Suharja Senjaya, Kepala SPTN Wilayah II Majalengka mengatakan pada 2019 kebakaran gunung Ciremai di Majalengka seluas 933 hektar.
.
“Kebakaran seluas itu terjadi 38 hari, termasuk kebakaran di puncak Ciremai,” katanya.
.
Lanjutnya, celah karhutla kemungkinan besar dapat terjadi akibat aktivitas pendakian.
.
“Saat ini yang diinzakan hanya kantin dan treking sampai Tegal Masawa saja”, lanjutnya.
.
Kemudian beliau mengatakan bila jalur pendakian dibuka akan memberlakukan penerapan kuota, booking online, pemeriksaan kesehatan, safety talk, pemeriksaan barang bawaan dan, penjagaan Base Camp serta Transit Camp pendakian oleh Ranger.
.
Lebih jauh beliau mengungkapkan pada Agustus akan dilakukan pemeliharaan sekat bakar kuning di tiga lokasi rawan.
.
“Situmpuk sampai Sadarehe, Sipadu sampai Awilega, dan Batu Licin sampai Batu Kongkorong menjadi lokasi pemeliharaan sekat bakar,” ungkapnya.
.
Pamungkas, beliau mengucapkan terima kasih kepada Polres yang telah berperan aktif dalam pengendalian karhutla.
.
“Terima kasih Kapolres dan semuanya. Semoga sinergisitas semua pihak akan terus terjalin untuk mencegah dan kebakaran hutan di gunung Ciremai,” pungkasnya.
.
#sobatCiremai, semoga semua upaya tersebut berhasil mewujudkan ‘Ciremai Zero Fire 2020’. So, mari stop karhutla sekarang juga!.
.
[Teks & Foto©Polhut Majalengka-BTNGC|072020]

Ikuti Kami