Pesona Anggrek Ciremai, Keindahan yang Memikat

IMG_20180526_062313_873
Keberadaan tamanan anggrek di alam merupakan salah satu indikator bahwa ekosistem masih baik. Sejak tahun 2014, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bekerjasama dengan Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI-Green Network) serta dukungan dari PT. Pertamina EP Asset III Field Subang, telah mengadakan kegiatan inventarisasi biodiversitas serta pembuatan plot percontohan Koleksi Anggrek. Plot percontohan ini dibangunn di Bumi Perkemahan Panten Argalingga, Majalengka.

Sobat Ciremai dapat melihat keindahan dari keanekaragaman bunga anggrek dari TNGC plot percontohan ini. Berbagai jenis anggrek tertata rapi menambah suasana asri yang memanjakan mata.

Lokasi ini dapat menjadi salah satu pilihan menarik bagi sobat Ciremai yang gemar fotografi. Pesona anggrek yang memikat membuat jumlah pengunjung terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan hasil identifikasi, anggrek alam di Taman Nasional Gunung Ciremai tercatat sebanyak 113 jenis. Diantaranya terdapat 3 jenis dilindungi peraturan perundangan, melalui Peraturan Pemerintah nomor 7 Tahun 1999, yaitu anggrek kebutan ( Ascocentrum miniatum), anggrek sendok ( Spathoglottis zurea) dan anggrek Ki Aksara ( Macodes petola). Ada 71 jenis diantaranya terpelihara dengan baik sebagai indukan di plot percontohan Koleksi Anggrek TNGC ini.

[teks & foto © BTNGC – Hendra Purnama | 052018]

Ikuti Kami