Begini suasana kunjungan mantan Direktur PJLHK di Ipukan

2018-07-28-09-10-42
Kamis, 26 Juli 2018 pukul 10 pagi merupakan hari yang istimewa bagi Ipukan, salah satu obyek wisata alam di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Hari itu Ipukan dikunjungi Is Mugiono, seorang Widya Iswara dari Pusat Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bogor didampingi Kepala Balai TNGC beserta Kepala Seksi I Kuningan. Menjadi istimewa karena beliau bukan hanya sebagai Widya Iswara tetapi merupakan mantan Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) Direktorat teknis di Ditjen KSDAE yang mengurus perijinan pemanfaatan jasa lingkungan seperti ODTWA Ipukan.


.
Obrolan mantan orang nomor satu di Direktorat PJLHK bersama pengelola Ipukan berjalan dengan santai dan penuh keakraban. Jawil, pengelola Ipukan menyampaikan untuk mengelola Ipukan menjadi seperti sekarang ini bukan hal mudah tetapi telah melalui proses panjang dari mulai tahun 2013. Diawali 8 orang pengelola yang merupakan pelaku Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) eranya Perum Perhutani sampai sekarang Ipukan telah berhasil melibatkan 70 orang masyarakat sekitar kawasan hutan yang telah beralih profesi menjadi pengelola jasa lingkungan (wisata alam).
.
Sobat Ciremai dapat menikmati beberapa aktifitas wisata di Ipukan seperti bumi perkemahan, glamour camping, olahraga jalan kaki di alam, Curug Cisurian sebagai habitat kodok merah. Kodok merah merupakan penciri lingkungan bersih dan saat ini mempunyai status hampir punah. Suasana diskusi semakin hangat ketika dilanjutkan sambil menikmati nasi liwet hidangan makan siang ala Ipukan yang disuguhkan oleh pengelola.
.
Sebelum mengakhiri kunjungannya di Ipukan, Is Mugiono menyempatkan diri melihat fasilitas glamour camping yang merupakan kerjasama pengelola Ipukan dengan hotel Horison Kuningan. Selanjutnya beliau memberikan pesan kepada pengelola Ipukan untuk tetap semangat menjaga dan merawat alam ini.
.
Sobat Ciremai, tak hanya masyarakat penyangga saja yang dapat berkontribusi dalam pengelolaan taman nasional, sobat dimanapun juga bisa loh, apapun latar belakang pendidikan dan kegemarannya. Segera merapat kepada kami, pintu kantor kami terbuka lebar. Ayo cintai alammu, nikmati keindahannya dengan tetap menjaga kelestariannya.
.
[teks & foto © asep wahyudin-BTNGC | 072018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#pesonakuningan
#wonderfulindonesia
#kodokmerah

Ikuti Kami