Jangan Sepelekan Kersen


.
#sobatCiremai, masih ingat waktu kecil suka memanjat pohon Kersen?. Terus, kapan terakhir kali makan buah Kersen?.
.
Iya, Kersen atau “Muntingia calabura” acap disebut buah ceri ala Indonesia. Buah Kersen berukuran kecil dan berwarna merah cerah bila sudah matang. Daging buah ini mengandung biji-bijian amat kecil tak berbahaya. Bila telah matang, rasa buahnya manis.?
.
Buah Kersen tak sulit kita temukan karena pohonnya mudah tumbuh di mana saja. Benarkah sobat?.
.
Nah menurut beberapa sumber terpercaya, buah kecil ini punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja sobat?. Yuk kita simak!.
.
Pertama, sumber “antioksidan”. Ternyata buah Kersen mengandung 24 senyawa “flavonoid” dan “fenonil” yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam sel tubuh seperti sel kanker dan tumor.
.
Kedua, menjaga kesehatan Jantung. Makanlah daun dan buah Kersen untuk melancarkan aliran darah sehingga terhindar dari berbagai penyakit “kardiovaskular”.
.
Ketiga, Kersen bisa mengurangi rasa sakit Asam Urat lho sobat. Caranya, rebus daun Kersen dengan air selama beberapa menit. Kemudian tiriskan dan saring airnya. Kemudian minum air tersebut secara rutin setiap hari.
.
Terakhir, Kersen mampu mengontrol Gula Darah karena rasa manis buah Kersen mengandung “glukosa” alami yang aman bagi tubuh. Bahkan buah ini dipercaya dapat dikonsumsi penderita “diabetes”.
.
Hmm, gimana nih sobat?. Manfaat Kersen hebat kan?. So, mari kenali, cintai, dan manfaatkan tumbuhan sekitar kita.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © IG @photo_ne-widhy @dsyzhuang @virrieaprilia @_bunda.rasya_ @angelinatodu -BTNGC | 112019]

Ikuti Kami