Tatkala Direktur PJLHK Kemah Di Gunung Ciremai

Selepas melakukan bimbingan teknis ‘Online Single Submission’ (OSS) kepada koperasi Masyarakat Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC) dan beberapa instansi terkait, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK), Nandang Prihadi berkenan menginap di gunung Ciremai.

Beliau bermalam di bumi perkemahan Talaga Surian, Kuningan, Jawa Barat didampingi Kepala Sub Direktorat Pemanfaatan Wisata Direktorat PJLHK, Julianti Siregar dan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuswandono bersama beberapa staf.

“Cuacanya dingin ya,” ujar Direktur PJLHK (29/8).

Para Rimbawan ini mengarungi malam sejuk sambil bincang santai bersama beberapa tokoh MPGC yang sowan ke tempat kemping itu.

Malam itu obrolan membahas pengelolaan kawasan konservasi yang mengedepankan peran aktif masyarakat seperti di gunung Ciremai.

Esoknya, rombongan berbegas menuju Lempong Balong untuk melakukan penanaman 15 bibit pohon. Mereka disambut beberapa anggota kelompok Arban Palutungan.

“Wilujeng sumping bapak dan ibu di Lempong Balong,” sambut Elang mawakili kelomponya.

Kemudian ia menerangkan semua tentang apa yang mereka geluti di Lempong Balong.

“Ayo kita tanam pohon!. Dampingi saya ya Kang Aang,” kata Direktur PJLHK kepada hadirin (30/8).

“Aku pilih tanam bibit Edelweiss aja,” ujar Julianti Siregar.

Rangkaian acara kemah ini berakhir di wisata alam Ipukan.

“Dari tempat ini bila cuaca cerah, kita bisa saksikan pucuk gunung Ciremai sekaligus kakinya,” ucap Kuswandono sambil menunjuk arah yang dimaksud.

Sebelum betolak meninggalkan Ipukan, rombongan sempat menikmati ‘dessert’ khas Ipukan sambil memandangi panorama alam.

“Terima kasih Pak Direktur atas kunjungannya. Mudah-mudahan bisa menambah motivasi kami dalam mengelola gunung Ciremai yang bermanfaat bagi ekologi, ekonomi, dan sosial budaya untuk kesejahteraan masyarakat setempat,” tutup Kuswandono.

#sobatCiremai begitulah catatan kunjungan singkat ‘inohong’ dari pusat. So, mari terus dukung pengelolaan kawasan konservasi TNGC untuk kepentingan bersama.

[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC|082020]

Ikuti Kami