Bantuan Ekonomi Produktif, Kuatkan Daerah Penyangga Gunung Ciremai

2018-09-13-12-18-51
.
Gunung Ciremai memegang peran penting dalam pembangunan wilayah Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat terutama potensi sumber daya alam yang terkandung di dalamnya.
.


Masyarakat setempat telah memanfaatkan potensi tersebut menjadi kegiatan produktif melalui usaha Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PJLHK).
.
Sobat Ciremai, geliat usaha pemanfaatan jasa wisata alam merupakan wujud PJLHK yang paling kentara di kaki gunung Ciremai. Ya, wisata alam memang terbukti mampu menggenjot aktifitas ekonomi masyarakat setempat.
.
Meskipun swakelola PJLHK oleh masyarakat telah berjalan baik, namun pemerintah tetap perlu memberikan arahan dan dukungan melalui program stimulus peningkatan ekonomi masyarakat.
.
Agustus 2018, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memberikan bantuan ekonomi produktif bagi kelompok masyarakat di Majalengka.
.
Sobat Ciremai, bantuan tersebut diberikan kepada pengelola wisata alam Bumi Perkemahan Leles, Desa Padaherang, Sindangwangi berupa seperangkat pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Di wisata alam Bukit Merkuri Sayang Kaak, desa Tejamulya, Sindangwangi berupa “Gasebo” dan “Coffee Shop”. Di wisata alam Curug Sawer, desa Argalingga, Argapura berupa Mushola dan Toilet. Sedangkan di lokasi “Role Model Camp Fire Care” Bukit Batu Semar, desa Bantaragung, Sindangwangi memperoleh pipanisasi, embung air dan pos jaga.
.
Sobat Ciremai, program bantuan ekonomi produktif masyarakat Balai TNGC tidak hanya menyentuh wilayah kerjanya saja.
.
Pertanian Sehat yang merupakan salah satu “Role Model” di Ciboer Pass, Kelompok Fajar Agung Mandiri, desa Bantaragung, Sindangwangi turut mendapat bantuan berupa alat-alat pertanian dan bibit unggul. Bakteri baik dari gunung Ciremai yang telah mendapatkan perlakuan ilmiah dipergunakan untuk pertanian sehingga menghasilkan produk pertanian sehat.
.
Berbagai program direncanakan, tak lain dan tak bukan bertujuan untuk meningkatan pendapatan masyarakat di daerah penyangga, tentunya selaras dengan terwujudnya kelestarian gunung Ciremai yang memperhatikan nilai-nilai sosial, budaya serta kearifan setempat.
.
Ayo kita bahu-membahu menjaga kelestarian alam agar dapat kita nikmati manfaatnya bersama.
.
[teks & foto © Gandi Mulyawan – BTNGC | 092018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#pemberdayaanmasyarakat
#rolemodel
#pertaniansehat
#campfirecare
#ciboerpass

Ikuti Kami