Kampanye Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

 

IMG_20180903_173931_328

Sobat Ciremai perlu mengetahui pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak hanya pengawasan atau patroli di daerah-daerah rawan kebakaran hutan saja. Tapi salah satunya juga dengan kampanye.

Kampanye pencegahan Karhutla yakni salah satu upaya pengendalian Karhutla dengan cara sosialisasi baik secara langsung maupun menggunakan media seperti spanduk, poster, stiker dan alat peraga lainnya yang berisi konten pencegahan Karhutla.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) pada 10 Agustus 2018 yang bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional. Selain MPA, hadir pula perwakilan Mitra Pengelola Wisata Gunung Ciremai (MPGC) lingkup Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka.

“Dengan melibatkan perwakilan MPGC, diharapkan informasi tentang pencegahan Karhutla juga akan tersampaikan kepada pengunjung wisata”, ucap Kepala SPTN Wilayah II Majalengka, Jaja Suharja dalam arahannya.

IMG_20180903_173931_329
MPA mesti meneruskan materi sosialisasi kepada lingkungan sekitarnya. Sedangkan MPGC menyampaikan ulang bahan kampanye kepada pengunjung wisata. Dua hal ini dilakukan untuk mempercepat penyebaran informasi pencegahan Karhutla.

Penyebarluasan informasi tersebut diharapkan akan menciptakan opini publik yang melahirkan kepedulian terhadap upaya pencegahan Karhutla khususnya di Taman Nasional Gunung Ciremai.

Sobat Ciremai, mari tingkatkan kesadaran pencegahan Karhutla agar hutan kita tetap lestari. Karena kita juga yang merasakannya

[teks © Jojo Suparjo, foto © Agus Darmawan – BTNGC | 092018]
IMG-20180903-WA0010

Ikuti Kami