Gunung Ciremai dalam Cerita Sukses Kabupaten Kuningan

IMG-20180901-WA0020
.
“1 September, 520 tahun yang lalu Raden Arya Kamuning atau Suranggajaya dinobatkan sebagai anak angkat Sunan Gunung Jati yang kemudian menjabat sebagai Adipati Kuningan pertama yang bertahta di Kajene, Dayeuh Kuningan.” Cerita Penjabat Sekretaris Daerah, Dadang Supardan pada Hari Jadi Kuningan ke 520 dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kuningan.


.
Sementara Rana Suparman, Ketua DPRD Kuningan ketika membuka Sidang Paripurna Istimewa dalam sambutannya menyampaikan Gunung Ciremai merupakan “Pasek” bagi Kabupaten Kuningan.
.
“Pasek” dalam bahasa Indonesia berarti patok/tiang pengikat. Ini menandakan pentingnya keberadaan Gunung Ciremai dalam perkembangan Kuningan dari masa ke masa dan telah menjadi pusat keseimbangan dalam menjaga perabadan masyarakat sekitarnya.
.
Acep Purnama, Bupati Kuningan dalam sambutannya menyampaikan, “Kuningan telah banyak memperoleh penghargaan. Salah satunya wisata alam Bukit Seribu Bintang (BSB) yang meraih Juara II Dataran Tinggi Terpopuler pada Malam Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata”.
.
Sobat Ciremai, BSB yang berada di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) merupakan salah satu kebanggaan Kuningan karena telah menjadi tujuan utama destinasi wisata alam.
.
Wisata alam TNGC telah mampu menggerakkan aktifitas ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. Kuliner, penginapan dan souvenir merupakan peluang usaha lainnya yang menunjang aktifitas wisata alam. Ya, wisata alam dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.
.
Sobat Ciremai, ayo sinergikan energi kita untuk bersama kelola potensi sumber daya alam dan ekosistem TNGC terutama wisata alam sebagai salah satu cara untuk menggapai Kuningan MAS (Mandiri, Agamis, Sejahtera).

Selamat hari jadi Kabupaten Kuningan ke 520, semoga semakin berkarya dan berprestasi, masyarakatnya semakin sejahtera dan Gunung Ciremainya semakin lestari.
.
[teks & foto © Idin Abidin-BTNGC | 082018 ]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunung_ciremai
#hutkuningan520
#pekanrayakuningan
#pesonakuningan

Ikuti Kami