Pemanfaatan Tumbuhan Pangan Dan Obat Oleh Masyarakat Di Dusun Palutungan Desa Cisantana Sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai

ABSTRAK

Pemanfaatan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan obat merupakan penyembuhan yang tertua di dunia. Setiap kebudayaan di dunia memiliki sistem pengobatan tradisional tertentu dan di setiap daerah telah ditemukan banyak tumbuhan yang dapat digunakan sebagai pangan dan obat obatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari keanekaragaman dan pemanfaatan tumbuhan pangan dan obat-obatan oleh masyarakat Dusun Palutungan, Desa Cisantana. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2014. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan jumlah spesies Tumbuhan pangan yang dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Palutungan sebanyak 46 spesies dan spesies tumbuhan obat sebanyak 56 spesies. Cara pemanfaatan tumbuhan pangan terbanyak dengan dimasak, sedangkan cara pemanfaatan tumbuhan obat terbanyak dengan direbus.

Kata kunci: dusun Palutungan, tumbuhan obat, tumbuhan pangan

ABSTRACT

The utilization of plants for fulfill food requirement and healing are oldest medicinal in the world. Every culture in the world has specific traditional medicinc system and in every region has found many plants that can be used as food and medicine. The objective of this research is to study of diversity and utilization food plant and medicine by the people of Palutungan District, Cisantana Village. This research implemented on January until June 2014. Based on the results of the study showed that the number of food plant species used by the Dusun Palutungan is 46 kinds and 56 species for medicinal plants. The most effective ways to utilization food plants is cooked, at the same time the most effective ways to utilization medicinal plants is boiled.

Key words: food plants, medicinal plants, Palutungan district

Riset Lainnya
Ikuti Kami