Dulu Sebelum Si Corona Tiba, Warga Gelar Munggahan Jelang Puasa

Tak terasa Ramadan segera tiba ya. Hmm, bagi sobat yang hobi makan, siap-siap stop dulu hobinya karena wajib menunaikan ibadah puasa.

Nah sebelum bulan suci tiba, biasanya masyarakat nusantara kerap melakukan tradisi unik di daerahnya masing-masing. Misalnya orang Sunda sekitar gunung Ciremai menggelar Munggahan jelang puasa.

Ya, Munggahan yakni acara makan bersama sanak keluarga. Biasanya menghidangkan menu nasi liwet lengkap dengan lauk pauknya.

Santap siang ini umumnya dilakukan di luar ruangan seperti di saung sawah atau di wisata alam gunung Ciremai.

Selepas kenyang makan, acara dilanjutkan dengan mandi membersihkan diri di sungai atau danau.

Eits, tapi itu situasi dulu ya, sebelum si Corona datang. Kini tentu terlarang untuk melakukan Munggahan beramai-beramai begitu.

“Tahun kemarin ramai banget yang mandi saat akan Ramadan di sini. Dari mana-mana tumpah ruang berdatangan makan bersama dan basah-basahan”, ungkap Apri, masyarakat Mitra Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC) Leles, desa Padaherang, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat (20/4).

“Sekarang mah kieu wae. Kosong melompong tak boleh ada yang datang”, jelas pria bertubuh tinggi besar ini.

Namun dirinya tak menyesali situasi pandemi ini karena yang terpenting kita sambut dan lakukan ibadah di bulan puasa nanti.

“Di bulan puasa nanti, segala doa didengar Gusti Yang Maha Kuasa. Mari kita minta agar pandemi ini segera berakhir. Amin!”, tutupnya.

#sobatCiremai, mari sambut Ramadan dengan gembira. Marhaban ya Ramadan!.

[Teks & Foto © Tim Admin-BTNGC | 042020]

Ikuti Kami