Selamat Jalan Sultan Sepuh XIV Cirebon

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah mangkat ke rahmatullah Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat, Sultan Sepuh XIV Cirebon, Jawa Barat pukul 05.20 di salah satu rumah sakit di Bandung, kemarin (22/7).

Kabar tersebut membuat warga seantero Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) merasakan duka yang mendalam.

Pasalnya, semasa hidup beliau dikenal sebagai raja yang merakyat dan dekat dengan semua kalangan.

Sesuai adat dan tradisi keraton, jenazah beliau dikebumikan kemarin siang di komplek pemakaman Astana Gunung Jati, Cirebon. Pusara beliau berdampingan dengan ayahanda Sultan Sepuh XIII, PRA Adipati Maulana Pakuningrat.

“Assalamualaikum wr wb. Selamat pagi semuanya. Setiap kehidupan akan ada kematian, setiap pertemuan akan ada perpisahan, setiap amalan akan ada balasan. Semoga hidup kita, perbuatan kita, tingkah laku kita, ucapan kita, bermanfaat penuh keberkahan. Aamiin”, begitulah unggahan terakhir Kanjeng Sultan di akun instagram miliknya @ariefnatadiningrat.

‘Caption’ tersebut seolah menyiratkan pamitan Sultan yang ‘jumenengan’ pada 9 Juni 2010 ini kepada warganet.

Di mata Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang hadir melayat, Sultan Arief merupakan sosok teladan yang sangat berjasa bagi kemajuan Cirebon dan Jawa Barat.

“Almarhum adalah individu yang teladan. Selain menjadi pemimpin kepada masyarakatnya, beliau pernah mewakili Jawa Barat di DPR, di DPD, untuk menyuarakan kemajuan rakyat Cirebon, rakyat Jawa Barat, agar bisa maju seperti yang kita saksikan hari ini,” tutur Kang Emil kepada Pikiran Rakyat.

Bagi warga sekitar gunung Ciremai pun Sultan Sepuh meninggalkan jejak yang mendalam karena beliau kerap hadir pada acara budaya seperti hajat bumi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sultan Arief meninggalkan seorang istri, Raden Ayu Isye Natadiningrat dan tiga orang anak yakni PRA Luqman Zulkaedin, Ratu Raja Siti Fatimah Nurhayani, dan Pangeran Raja Muhamad Nusantara.

Akhir kata, selamat jalan Sultan yang arif nan bijaksana. Jasamu abadi bagi negeri ini.

#sobatCiremai, mari kita berdoa semoga semua amal dan ibadah Sultan Sepuh XIV diterima Alloh SWT. Amin!?

[Teks & Foto ©Dirangkum dari berbagai sumber-BTNGC|072020]

Ikuti Kami