TN Gunung Ciremai Kedatangan TN Bukit Baka Bukit Raya

Senin (13/11) Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) sebanyak 11 orang yang terdiri dari fungsional Penyuluh Kehutanan dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TNBBBR, masyarakat desa penyangga dan Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) melakukan kunjungan ke Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dengan agenda pengembangan pengelolaan ekowisata pendakian dan homestay. Kedatangan rombongan disambut Kepala Balai TNGC, Maman Surahman didampingi Kepala Sub Bagian TU, Didik Sujianto, Kepala SPTN Wilayah I Kuningan, San Andre Jatmiko, dan Kepala SPTN Wilayah II Majalengka, Jaja Suharja serta staf fungsional teknis dan umum Balai TNGC.

“Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih atas perkenan rombongan untuk berkunjung ke TNGC. Selain wisata yang menonjol, program unggulan Balai TNGC adalah mikroba berguna untuk pertanian penyangga kawasan TNGC yang dikerjakan oleh rekan-rekan Pengendali Ekosistem Hutan”jelas Maman. Ivon, Penyuluh Kehutanan TNBBBR menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan, yaitu ingin belajar mengenai pengelolaan pendakian yang baik karena Bukit Baka merupakan salah satu bukit tertinggi di Kalimantan Barat yang kerap kedatangan pengunjung yang belum teregistrasi. “Dengan waktu yang cukup panjang mencapai lokasi, diharapkan mendapatkan ekspektasi yang sepadan”tambahnya.

Kemudian disampaikan pemaparan mengenai pengelolaan pendakian di kawasan TNGC dan diskusi singkat dengan para peserta, sebelum diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.

Sobat Ciremai, belajar memang tak kenal ruang dan waktu. Sampai detik ini, Balai TNGC kerap mendapatkan kunjungan. Tak hanya para tamu yang datang saja yang belajar, namun juga tuan rumah juga turut belajar. Semoga menjadi ikhtiar bersama untuk pengelolaan kawasan konservasi yang lebih baik.

[Teks & foto ©Urusan Promosi Pemasaran Kehumasan-BTNGC]

Ikuti Kami