Antusiasme Pelajar SD dan SLTP Jakarta Belajar Interpretasi Lingkungan di Taman Nasional Gunung Ciremai

FB_IMG_1530581882703

Usia remaja adalah usia yang tanggap dengan perkembangan jaman. Pada era digital saat ini, apabila tidak disikapi dengan bijak oleh orang tua, maka akan memberikan dampak negatif pada perkembangan anak. Tidak jarang usia muda, seperti pelajar SD atau SLTP sudah rentan dengan penyakit organ dalam maupun psikologis akibat penggunaan digital yang berlebihan. Sekolah sebagai sarana pembelajaran atau pendidikan formal terkadang belum maksimal memfasilitasi kebutuhan anak yang memiliki kelebihan/ bakat/ minat/  kreatifitas tertentu dalam kurikulum yang telah ditentukan. Hanya sebatas bagaimana menghasilkan angka akademik yang bagus pada anak, padahal pendidikan moral dan sosial sangat penting bagi perkembangan anak sebagai bekal masa depan.

Hal ini yang mendasari lembaga pendidikan non formal, “Indonesia Writing Edu Center” (IWEC) untuk memfasilitasi bakat atau minat atau kreatifitas anak dalam membaca dan menulis sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan. Bahkan membiasakan anak untuk menceritakan apa yang dilihat dan apa yang dirasakan, yang biasa disebut  dengan interpretasi. Dalam kelas membaca, menulis dan interpretasi, peserta tidak hanya dilatih di dalam kelas namun juga di luar kelas (outdoor).

FB_IMG_1530581889189

Pada tanggal 30 Juni 2018 sampai dengan 2 Juli 2018, IWEC melaksanakan kegiatan “Eco Intrepreting Camp” di Curug Palengseran Situs Lingga Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 32 orang yang terdiri dari 21 orang siswa lingkup DKI Jakarta usia 9-15 tahun (Labschool, Sekolah Cikal, “Homeschooled student”, SD Mizamia Andalusia, SD Al Azkar, Gemala Ananda, ABC Kidz, Sekolah Teturn Bunaya, Madrasah Tekno Natura, Sekolah Citra Alam, Al Ikhlas Cipete, dan Al-Azhar pusat Kebayoran), tiga orang tua peserta, dan delapan orang pendamping/ fasilitator.

Pada kegiatan tersebut, peserta akan diberikan materi mengenai konservasi dan TNGC, interpretasi lingkungan (menulis dan bercerita), pengamatan satwa (Kupu-kupu) dan sejaran budaya Situs Lingga. Curug Palengseran Situs Lingga yang berada di sebelah selatan Gunung Ciremai memberikan ruang bagi peserta untuk bereksplorasi secara langsung. Kelimpahan air, ekosistem hutan pegunungan, flora fauna dan sejarah budaya merupakan obyek yang menarik untuk ditulis dan diceritakan.

[teks © Nisa Syachera,  foto © Indra Permana – BTNGC |062018]

#KementerianLHK
#ksdae
#gunungciremai
#tngc
#outdoor
Presiden Joko Widodo
Siti Nurbaya Bakar
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Ditjen KSDAE
Promosi Pemasaran Konservasi Alam
Prisia Nasution
the cangcuter
Helmi Yahya

Ikuti Kami