Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

71CompostLogo2

ketahui bahwa pupuk memegang fungsi penting untuk menyuburkan tanaman. Pupuk yang kita ketahui mungkin seperti pupuk organik, pupuk kandang dan pupuk kompos. Salah satu pupuk yang paling banyak digunakan dan bermanfaat baik untuk kebersihan adalah pupuk kompos. Sebab pupuk kompos pada umumnya diproses dengan mengendalikan sampah rumah tangga sehingga membantu kebersihan sekitar kita. Selain bermanfaat untuk kesuburan tanaman, tempat tinggal sekitar juga pun akan lebih bersih. Selain itu Cara Membuat Pupuk kompos juga tidak terlalu rumit karena tidak membutuhkan tempat luas, banyak peralatan dan biaya.

Cara Membuat Pupuk

cara-membuat-pupuk

Pupuk kompos banyak dipilih karena berguna memperbaiki struktur tanah, zat makanan yang diperlukan oleh tumbuhan akan lebih banyak tersedia. Mikroba dalam pupuk kompos akan membantu penyerapan zat makanan yang dibutuhkan oleh tanaman. Selain itu menggunakan pupuk kompos akan membantu tanah menjadi lebih gembur yang menghasilkan bunga-bunga berkembang, sehingga halaman menjadi lebih asri dan hawa lebih segar karena oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan. Selain membeli pupuk di toko khusus menjual pupuk, anda pun bisa membuat pupuk kompos sendiri dengan memanfaatkan sampah organik yang berada di sekitar anda, untuk lebih meminimalisir biaya juga membantu tempat sekitar anda tampak bersih, dengan beberapa cara membuat pupuk kompos seperti berikut ini:

Bahan-bahan:

  • Sampah hijau (sampah organik)
  • Sampah coklat (sampah kotoran hewan)
  • Bak atau drum plastik besar
  • Karung goni atau anyaman bambu
  • Tanah atau paving block

Cara Membuat Pupuk Kompos:

  1. Campur satu bagian sampah hijau dan satu bagian sampah coklat ke dalam bak atau drum plastik besar yang di bawahnya telah ditutupi dengan tanah atau paving block dan diberi lubang agar kelebihan air dapat merembes ke tanah.
  2. Tambahkan satu lapisan tanah atas dan biarkan mikroba aktif dalam tanah bekerja mengolah sampah menjadi kompos.
  3. Ulangi proses pertama dan kedua untuk lapisan berikutnya. Lalu tutup drum dengan karung goni. Proses ini dapat dilakukan setiap dua hari sekali.
  4. Setelah hari ketujuh, buka dan aduk pupuk kompos tersebut. Lalu tutup kembali dan lakukan proses ini setiap tujuh hari sekali.
  5. Untuk mempercepat proses pengomposan, dapat ditambahkan bio-activator berupa larutan effective microorganism (EM) yang bisa dibeli di toko pertanian.
  6. Setelah 4-6 minggu, jika campuran pupuk sudah berwarna kehitaman dan tidak berbau sampah lagi, berarti proses pengomposan telah selesai.
  7. Lalu ayak dan pisahkan bagian yang kasar dan kompos yang kasar dapat dicampurkan ke dalam bak pengomposan sebagai activator.

Meski memerlukan proses yang tidak sebentar, Cara Membuat Pupuk kompos seperti diatas dapat anda lakukan sendiri dirumah untuk lebih menghemat biaya dan membantu kebersihan lingkungan sekitar anda. Itulah ulasan seputar Cara Membuat Pupuk kompos yang bisa anda praktekkan dirumah, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

sumber : www.eswete.com

Ikuti Kami