Kunjungan Kerja Sekretaris Jenderal KLHK

WhatsApp Image 2017-05-12 at 14.36.07 111

oleh : San Andre Jatmiko, S.Hut (Kepala SPTN Wil. I Kuningan)

Pada hari Kamis, 11 Mei 2017 berlokasi di Obyek Wisata Batuluhur Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Desa Padabenghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan telah mendapatkan kunjungan kerja rombongan Ditjen Konservasi Sumberdaya Alam & Ekosistem (KSDAE).  Rombongan kunjungan kerja tersebut di pimpin oleh Sekretaris Jenderal KLHK yang sekaligus merangkap sebagai Plt Dirjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Bapak Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM.

Rombongan besar yang hadir pada acara tersebut selain diikuti oleh Sekditjen dan para Direktur di lingkup Direktorat Jenderal KSDAE Kementerian LHK, juga di hadiri oleh para pejabat dari UPT KSDAE di Wilayah Jawa dan Bali, yaitu Balai Besar KSDA Jawa Barat, Balai Besar KSDA Jawa Timur, Balai Besar Bromo Tengger Semeru, Balai Besar Gunung Gede Pangrango, Balai KSDA Jawa Tengah, Balai KSDA Bali, Balai KSDA Yogyakarta, Balai TN Gunung Merapi, Balai TN Gunung Halimun Salak, Balai TN Kepulauan Seribu, Balai TN Karimun Jawa, dan Balai TN Ujung Kulon.

WhatsApp Image 2017-05-12 at 14.36.08 web

Agenda pada kunjungan tersebut adalah “Melihat Implementasi Program Bina Daerah Penyangga dan Perhutanan Sosial pada Kawasan Konservasi dalam rangka Peningkatan Usaha Ekonomi Masyarakat sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai”.

Kunjungan kerja yang dilaksanakan tersebut merupakan momen yang sangat di harapkan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa-desa di daerah penyangga TNGC yang sebagian besar sudah tergabung di dalam kelompok-kelompok mitra pengelola sumberdaya alam di kawasan konservasi TNGC.  Adapun kelompok yang sempat menghadiri dialog dengan Bapak Sekjen di wakili oleh sekitar 16 kelompok mitra pengelola jasa wisata dan makanan dan minuman Kehati dari desa-desa yang tersebar di wilayah kabupaten Kuningan dan Majalengka.

Momen penting yang tercatat dalam dialog antara masyarakat dengan rombongan Bapak Sekjen KLHK adalah harapan dari masyarakat agar “Konsep Pengelolaan Sumber Daya Alam di Kawasan Konservasi TNGC oleh Masyarakat” tersebut dapat terus di dukung oleh pemerintah pusat dan terus dinikmati untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju kondisi masyarakat yang berdaulat di dalam pengelolaan sumber daya alam dan ekosistemnya.

Pada kesempatan tersebut Bapak Sekjen-pun menyampaikan bahwa pemerintah pusat yang dalam hal ini di wakili dari Kementerian LHK sangat mendukung harapan masyarakat tersebut dan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan atas kesediaan masyarakat yang telah selama ini membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sumber daya alam secara lestari.  Selanjutnya beliau juga menyampaikan akan terus mendukung melalui upaya-upaya penyempurnaan regulasi-regulasi peraturan yang ada agar pengelolaan sumber daya alam oleh masyarakat tersebut dapat di ditingkatkan dan mengakomodir variasi kegiatan yang lebih luas lagi serta dapat diimplementasikan secara nasional.

Acara kunjungan kerja dapat diakhiri sekitar jam 15.00 WIB dengan sebelumnya rombongan berkenan melihat-lihat dan membeli produk kerajinan tangan dan kuliner lokal yang ikut dipamerkan pada kesempatan tersebut.

WhatsApp Image 2017-05-12 at 14.36.09 web

Ikuti Kami