Gambar Dan Dongeng Pengantar Cinta Alam


.
“Sang Kancil makan sangat lahap. Dia merasa senang sekali. Karena selepas hujan, rerumputan tumbuh subur. Beda dengan musim kemarau, semua tumbuhan mengering”, kata seorang anak dihadapan penonton dan juri lomba dongeng ‘mencintai alam dan lingkungan’ kemarin (29/01).
.
Ujang, salah satu siswa sekolah dasar peserta lomba dongeng yang berlangsung di wisata alam Pajaten, desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Dia senang ikut lomba ini karena bisa berbagi cerita dongeng dengan teman yang berbeda sekolah.
.
Acara ini dimeriahkan juga oleh siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Anak PAUD mengikuti lomba menggambar pemandangan. Gunung, pepohonan, sawah, dan sungai digambarkan lucu dengan warna warni khas anak-anak.
.
Sejak pagi peserta sudah siap tampil untuk menunjukan kemampuan terbaiknya. Mereka tampak sangat antusias mengikuti perlombaan. Wajah imut anak-anak itu begitu ceria mengikuti sesi demi sesi acara.
.
Hampir semua peserta lomba dongeng sudah menguasai isi cerita yang dibawakan. Tak hanya itu, peserta juga melakukan gerakan dan menirukan suara tokoh dongeng “fabel” atau dongeng dunia binatang. Kancil, monyet, macan, dan buaya ialah tokoh dongeng yang sering diceritakan.
.
“Aum…, sang raja rimba menggelegar”, ujar salah satu peserta menirukan suara dan tingkah macan. Ekspresi imut semacam ini saat menirukan suara dan tingkah binatang membuat penonton tertawa dan larut dalam dongeng.
.
Cerita dongeng yang disajikan memang ringan. Namun peserta mampu mengemas dongeng tersebut tanpa mengurangi pesan moral yang ada pada isi cerita.
.
Kita tahu, ada banyak makna yang bisa kita ambil dari sebuah dongeng. Misalnya sifat baik seperti penolong dan jujur yang patut kita tiru. Ada pula sifat tak terpuji seperti serakah dan pembohong yang mesti kita jauhi.
.
“Acara ini sangat bagus untuk pengenalan cinta alam sejak dini kepada siswa. Semoga tahun depan, kita mampu mengajak siswa yang lebih banyak. Mungkin semua sekolah di dua atau tiga kecamatan”, kata San Andre, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan melalui Sirod, Kepala Resor Jasa Lingkungan.
.
#sobatCiremai, nenek moyang kita menggunakan dongeng untuk menyampaikan informasi atau kejadian. Oleh karenannya, dongeng termasuk budaya bangsa kita. So, mari kita lestarikan dongeng.
.
[Teks & Foto © Oom – BTNGC | 022019]
.

Ikuti Kami