Ini Lho Bedanya Pemandu Wisata Dan “Interpreter”


.
Sobat Ciremai tahukah perbedaan pemandu wisata dan “interpreter”?. Ada yang berpendapat pemandu wisata dan interpreter sama saja. Padahal faktanya ada perbedaan antara pemandu wisata dan interpreter. Lantas apa bedanya?.
.
Pemandu wisata tugasnya hanya memandu wisatawan dari awal sampai akhir kegiatan serta informasi yang disampaikan hanya bersifat umum dan tidak mendalam. Penyampaian informasinya bisa dilakukan selama perjalanan berlangsung. Jadi fokus utama pemandu wisata hanya menciptakan perjalanan wisata agar berjalan lancar sesuai rencana, bukan pada penyampaian informasinya.
.
Sedangkan “interpreter” yaitu memberikan informasi yang luas dan dalam kepada wisatawan sehingga terjadilah transfer ilmu dari interpreter kepada wisatawan yang pada akhirnya akan timbul rasa ingin menjaga, melestarikan dan mengapresiasi pada setiap obyek yang sudah diterangkan.
.
Kalau #sobatCiremai mau tahu lebih jelas lagi perbedaannya, datang saja ke wisata alam gunung Ciremai. Jangan lupa minta ditemani “interpreter” ya. So, ayo ke Taman Nasional Gunung Ciremai.
.
[Teks © Rina, Foto © Tim Admin-BTNGC | 042019]

Ikuti Kami