Cegah Kebakaran Hutan, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai Lakukan Rapat Koordinasi

Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan Wilayah Kabupaten Majalengka bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Leles (24/6). Inisiatif pertemuan ini dalam rangka kesiapsiagaan Karhutla lingkup Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Hadir dalam pertemuan ini adalah perwakilan dari Polres Majalengka, Kodim 0617 Majalengka, BPBD Majalengka, Dinas Lingkungan Hidup Majalengka serta Pengelola wisata alam wilayah Majalengka.

“Lebih baik kita melakukan upaya pencegahan daripada harus melakukan pemadaman kebakaran hutan” , ujar Kuswandono, Kepala Balai TNGC dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, saran, masukan dan tanggapan dari peserta yang hadir. Dari pihak TNI/ Polri, Muspika dan BPBD mereka sepakat perlunya upaya koordinasi yang baik dari berbagai pihak.

Kemudian hasil dari pertemuan ini adalah mendorong segera dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Majalengka.

#sobatCiremai, kegiatan koordinasi merupakan bagian dari kegiatan pencegahan karhutla. Segala upaya maksimal dilakukan agar tahun ini kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai “zero fire”.

So, ayo cegah karhutla. Salah satunya dengan bijak berwisata alam seperti mematikan puntung rokok dan tidak menggunakan perapian yang tak terkendali.

[Teks & Foto © Oman DP-BTNGC | 072019]

Ikuti Kami