Akhirnya, Ketemu Juga Dengan Slamet Ramadhan, Macan Tutul Di TNGC


.
Kegalauan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) akan kondisi dan keberadaan Slamet Ramadhan akhirnya terjawab.
.
Ya, Slamet Ramadan ialah Macan Tutul Jawa yang dilepasliarkan pada 9 Juli 2019 di sisi utara gunung Ciremai.
.
“Kabar menggembirakan datang dari tim monitoring Macan Tutul Jawa (Tim Matulja) perihal Slamet Ramadhan”, ungkap Robi Gumilang, petugas Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai TNGC (17/11).
.
“Hasil kegiatan monitoring Macan Tutul Jawa pada awal November 2019 di suatu blok di mana salah satu kegiatannya pengecekan data dokumentasi ‘camera trap’ berhasil mengabadikan keberadaan Slamet Ramadhan dalam kondisi terlihat sehat”, jelas Robi.
.
Lokasi pemasangan ‘camera trap’ ini merupakan area perbatasan ekosistem hutan alam dan semak belukar yang berjarak 3,5 kilometer selatan dari wisata alam Bukit Seribu Bintang, Kuningan, Jawa Barat.
.
“Dengan wilayah jelajah baru yang berjarak sekitar 8,5 km dari batas kawasan TNGC dan pemukiman masyarakat, insting liar Slamet Ramadhan menuntun menuju lokasi baru yang jauh dari aktivitas manusia guna beradaptasi dengan bagian ekosistem gunung Ciremai”, pungkas Robi.
.
Andaikan saja bisa berbincang dengan Si Hitam Bertutul ini, tentu ada banyak tanya yang ingin disampaikan. Misalnya sudah ketemu pasangan atau belum, ketemu mangsa atau tidak, dan banyak lagi pertanyaan lain.
.
Namun dari penampakan foto, kita dapat menyimpulkan ia sehat. Postur tubuhnya terlihat lebih kekar bila dibandingkan saat pelepasliaran. Artinya, ia sukses menjadi calon raja rimba gunung Ciremai.
.
#sobatCiremai, asa kita semoga Slamet dapat selamat dalam proses adaptasi tersebut ya Sobat. Semoga ia dapat berinteraksi secara normal dengan Macan Tutul Jawa penghuni asli gunung Ciremai, baik itu sebagai pesaing ataupun pasangan agar kelestarian populasinya tetap terjaga dan mendukung untuk kesehatan ekosistem kawasan TNGC.
.
So, pantau terus kabar selanjutnya ya sobat. Salam lestari!!
.
[Teks & Foto © Tim Matulja-BTNGC | 112019]

Ikuti Kami