Buluh Teras Permai: Tujuh DAS Gunung Ciremai


.
Hutan hujan tropis gunung Ciremai yang setinggi 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu menjulang laksana menara yang menampung dan mengalirkan air bagi daerah di bawahnya.
.
“Ti jaman tai kotok dilebuan dugikeun ka kiwari” (sejak dulu hingga kini, red), gunung Ciremai menjadi hulu bagi daerah hilir di #Cirebon, #Indramayu, #Majalengka, dan #Kuningan (Ciayumajakuning), #JawaBarat bahkan sampai ke barat #Brebes, #JawaTengah.
.
Hal ini menunjukan fungsi penting kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) sebagai benteng kehidupan.
.
Ya, dalam skala kecil, peran gunung Ciremai ini disebut “catchment area” atau daerah tangkapan air. Namun dalam skala luas, gunung Ciremai punya peran sebagai Daerah Aliran Sungai (DAS).?
.
Nah, hasil penelusuran di Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Cimanuk-Citanduy terdapat tujuh wilayah DAS gunung Ciremai!.
.
Ketujuh DAS gunung Ciremai yakni Ciwaringin, Jamblang, dan Pekik di sisi utara yang mengalir ke Cirebon. Kemudian Subah dan Bangkaderes di sisi timur yang mengairi Kuningan.
.
Lalu Cisanggarung yang berhulu di selatan gunung Ciremai, waduk Darma yang mengalir ke Kuningan dan Brebes dengan total luas DAS 817 kilometer persegi. Sementara panjangnya mencapai 62,5 kilometer.
.
Terakhir, Cimanuk di barat yang mengumpulkan dan mengairi Garut, Sumedang, Majalengka, Cirebon hingga Indramayu dengan total luas DAS 3.584 kilometer persegi. Sedangkan panjang total sungai Cimanuk mencapai 337,67 kilometer.
.
Semua DAS gunung Ciremai tadi mengalir dari sungai besar ke sungai kecil dan anak sungai atau sebaliknya.
.
Sungai-sungai itu tentu berkelok-kelok dan banyak cabangnya. Tapi akhirnya, seluruh sungai itu bermuara ke laut Jawa di Indramayu, Cirebon, dan Brebes.
.
#sobatCiremai, di antara tujuh DAS ini, Cimanuk dan Cisanggarung menjadi ikon DAS gunung Ciremai dan Ciayumajakuning karena luas cakupan wilayahnya. Tentu hal ini tak bermaksud meremehkan peran DAS lainnya. Karena DAS sangat menunjang kita dalam pertanian, perikanan, peternakan, dan serba serbi fungsi air lainnya.
.
So, mari jaga kelestarian gunung Ciremai untuk kebaikan semua makhluk di hulu dan hilirnya.
.
[Teks & Image © Tim Admin, Foto © IG @anisaniniesakmala @infomjlk | 122019]

Ikuti Kami