PDAM Kuningan Adopsi Pohon Di Lempong Balong, Gunung Ciremai

Baru kemarin (12/2) kelompok masyarakat Arban meneken perjanjian kerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dalam program adopsi pohon di Lempong Balong. Namun hari ini (13/2) mereka langsung beraksi.

Adopter perdana pasca legalitas program itu ialah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan.

Ya, pagi tadi semestinya sang raja siang sudah menyengat tatkala puluhan manusia mulai menapaki jalan setapak menuju Lempong Balong, Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat (13/2).

Namun meski cuaca mendung nan gerimis, tak menyurutkan langkah puluhan penanam Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), dan Kelompok Masyarakat Arban untuk menanam pohon di sepetak blok lereng gunung Ciremai itu.

Dadi Hernayadi, Kepala Divisi Umum dan Sumber Daya Manusia PDAM Kuningan mengatakan, “Adopsi pohon ini kami lakukan sebagai upaya pelestarian alam khususnya air di gunung Ciremai. Dengan adopsi pohon ini kami harapkan air gunung Ciremai selalu melimpah bagi masyarakat”.

Sementara itu di lokasi yang sama, Kuswandono, Kepala Balai TNGC menyatakan, “Selain suksesi secara alami, upaya pemulihan ekosistem mesti dilakukan dengan campur tangan manusia. Contohnya adopsi pohon di Lempong Balong ini”.

Puluhan rimbawan ini lekas menanam 400 bibit pohon yang sudah tersedia di sekitar lubang tanam.

Menurut Diding Sukmana, Ketua Arban, bibit pohon yang di tanam merupakan tumbuhan lokal gunung Ciremai.

“Ada 160 Ganitri dan 240 bibit Peutag yang kami tanam”, kata Diding.

“Bibit yang diadopsi akan kami pelihara secara rutin setiap hari. Misalnya penyulaman dan pendangiran pada musim hujan. Sedangkan saat kemarau, bibit akan kami siram dan infus dengan air yang gantung dalam botol”, ungkap Oyo, anggota Arban.

“Intinya selama tiga tahun masa adopsi, kami akan jaga dan rawat sampai bibit tumbuh menjadi pohon”, tutup Oyo.

#sobatCiremai mumpung musim hujan nih, yuk tanam pohon untuk kebaikan alam sekitar kita.

So, sobat ingin adopsi pohon?. Yuk call aja IG @lempongbalong.?

[Teks & Foto © Tim Admin-BTNGC | 022020]

Ikuti Kami