Seekor Kijang Terciduk Santap Rumput


.
Di suatu hari yang cerah seekor Kijang atau “Muntiacus muncak” sedang lahap memakan rumput di satu sudut hutan gunung Ciremai.
.
Ya, visualisasi ini hanya satu “scene” dari sekian banyak foto dan video hasil pemasangan “camera trap” atau kamera jebak yang rutin di pasang di beberapa titik gunung Ciremai.
.
“Memang banyak perilaku satwa liar yang berhasil kami abadikan melalui kamera jebak”, kata Asep Badak, Polisi Kehutanan (Polhut) mengawali bincang siang itu (8/3).
.
“Tak semua hasil kamera jebak bisa kami bagikan ke warganet. Karena memang hanya untuk kepentingan ilmiah seperti analisa atau penelitian lebih lanjut”, tambah Asep Badak.
.
“Namun untuk video Kijang ini, ya bolehlah dibagikan ke publik. Mungkin bisa menjadi hiburan dan berbagi pengetahuan saat kondisi pembatasan sosial berskala besar ini”, ungkap pria gempal ini.
.
Asep Badak juga mengatakan Kijang termasuk satwa liar “herbivora” atau pemakan tumbuhan. Dalam hal ini ia makan rerumputan dan dedaunan.
.
“Yang tertangkap kamera memang hanya seeokor saja. Tapi sebenarnya populasi Kijang di gunung Ciremai cukup melimpah”, ungkap Asep Badak.
.
“Tinggal kita jaga supaya tetap ada Kijangnya ya”, pesan Asep Badak kepada #sobatCiremai.
.
So, mari kenali satwa sekitar kita!.
.
[Teks © Tim Admin, Foto & Video © Tim Matul-BTNGC | 042020]

Ikuti Kami