Si Kuning, Bunga Jepetan Kuku


.
Jepetan Kuku atau Wedelia atau “Sphagneticola trilobata” ialah tumbuhan liar yang mudah ditemukan di area perkebunan, persawahan, padang rumput, dan di pinggir jalan.
.
Wedelia tumbuh dengan panjang antara 18 hingga 24 inchi. Ia menjalar membentuk suatu bentangan seperti tikar yang menutupi tanah.
.
Daunnya berwarna hijau cerah dengan panjang daun antara 1 sampai 3 inchi. Permukaan daun wedelia berbulu dan tepi daun bergerigi dengan bentuk lonjong.
.
Sedangkan bunga Wedelia berwarna kuning cerah yang berukuran kecil dengan kelopak bunga melingkar seperti bunga matahari. Putik dan benang sarinya melingkar penuh di tengah kelopak bunga.
.
Si Kuning cantik ini berkembang biak secara vegetatif alami yaitu dengan cara merunduk. Nah, batang tanaman yang menyentuh tanah akan tumbuh akar dan menjadi tumbuhan baru.
.
Tumbuhan ini lebih menyukai daerah lembab tetapi ia juga tahan terhadap kekeringan.
.
Konon, Jepetan Kuku telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Ah masa sih?.
.
Ya, coba daunnya diseduh seperti teh. Khasiatnya mampu membantu mengurangi gejala flu yang disertai dengan pilek.
.
Rebusan tanaman Wedelia juga dapat digunakan untuk mandi yang diyakini berkhasiat membersihkan plasenta bagi wanita setelah melahirkan, menghilangkan kram otot, reumatik, memar, dan sakit punggung.
.
#sobatCiremai, mari kenali tumbuhan sekitar kita.
.
[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC | 042020]

Ikuti Kami