Begini Cara Polhut Cegah Karhutla



Sebulan kemarin gunung Ciremai terbakar. Itu memacu Polisi Kehutanan (Polhut) untuk lebih intensif melaksanakan perlindungan dan pengamanan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Tujuannya agar kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak terjadi lagi.
.
Patroli tematik yang dilakukan dalam pencegahan karhutla yakni patroli “camp fire care”. Kegiatan berlangsung selama tiga hari (25 – 27/08). Tidak hanya Polhut, patroli juga melibatkan Mitra Pengelola Wisata Alam Gunung Ciremai (MPGC) Bumi Perkemahan Leles.
.
Kali ini patroli menyisir bagian utara kawasan yang rawan terbakar. Tepatnya wilayah sekitar lokasi wisata alam Bukit Batu Semar.
.
Saat patroli, tim menemukan titik api di lahan masyarakat, berbatasan dengan kawasan. Wilayah tersebut masuk blok Punduk Guha, desa Padaherang, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.
.
Tim berusaha memadamkan api dan membuat ilaran api agar tidak menyebar ke kawasan TNGC. Diduga lahan tersebut sengaja dibakar oleh pemiliknya dengan tujuan pembersihan lahan.
.
Dalam patroli tersebut, Polhut juga memberi himbauan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di sekitar batas kawasan untuk tidak membersihkan lahan dengan cara membakar. Apalagi saat ini sedang kemarau dan angin yang kencang.
.
#sobatCiremai, karhutla menjadi isu terhangat hari-hari ini. Rata-rata penyebabnya karena ‘sengaja dibakar’ untuk pembersihan kebun dan ladang. So, ayo kita jaga lingkungan dan hutan kita dari karhutla ya sobat. Gunakan cara yang bijak dalam pembersihan lahan.
.
[Teks & foto ©️ Apo-BTNGC | 082019]

Ikuti Kami