Balai TNGC, Basarnas, dan East Eiger Adventure Diskusikan SAR

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) punya potensi jasa sumber daya alam dan ekosistem yang telah dimanfaatkan menjadi 64 lokasi wisata alam. Seluruh wisata alam gunung Ciremai tersebut dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Kunjungan ke wisata alam gunung Ciremai mengalami tren peningkatan terutama pada akhir pekan dan libur panjang. Tentu hal ini menjadi tantangan bagi pengelola untuk membuat manajemen wisata alam yang mumpuni demi kenyamanan pengunjung, pengelola, dan semua pihak terkait.

Nah, salah satu manajemen pengelolaan wisata alam yang mumpuni tersebut yakni adanya jaminan keselamatan pengunjung. Hal ini bisa dilakukan dengan pelatihan dan pendidikan pencarian dan pertolongan atau “Search And Rescue” (SAR) bagi pengelola dan pengunjung.

Oleh karenanya, hari ini (25/9) Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cirebon dan East Eiger Adventure menyambangi kantor Balai TNGC untuk membicarakan hal itu.

“Wisata alam gunung Ciremai memang membutuhkan sentuhan pendidikan SAR bagi pengelola, pengunjung, dan pihak terkait”, kata Kuswandono, Kepala Balai TNGC saat membuka diskusi.

Senada dengan itu, Galih Donikara, East Eiger Adventure mengatakan, “Kami punya rencana melakukan pendidikan dan pelatihan SAR di gunung Ciremai pada November mendatang”.

“Karena pendidikan lingkungan termasuk SAR di dalamnya sangat penting bagi pegiat alam bebas”, tambah Kang Bongkeng, East Eiger Adventure.

Sementara itu Iwan, Basarnas Cirebon mengungkapkan pihaknya punya kewajiban untuk membentuk dan membina potensi SAR di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

“Tujuannya agar memudahkan operasi SAR saat terjadi bencana dan kecelakaan”, kata Iwan.

“Bila memungkinkan, kegiatan seperti ini bisa dilakukan rutin di Stasiun Penelitian Bintangot”, usul Ahmad Fuad, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai TNGC.

“Kedepan juga tempatnnya bisa ditambah dengan lokasi lain. Tapi ‘kelasnya’ mungkin tetap di Bintangot”, tambah San Andre Jatmiko, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan.

#sobatCiremai ingin ikut pelatihan dan pendidikan SAR di gunung Ciremai?. Pantengin aja informasinya di medsos kami.

[Teks & foto © Tim Admin-BTNGC | 092019]

Ikuti Kami