Begini Keseruan Pameran Dan Mini Talkshow Pertikawan 2019 di Buperta Cibubur


.
Terik matahari tak menyurutkan semangat Praja Muda Karana (Pramuka) untuk mengikuti rangkaian acara Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Nasional (Pertikawan) di hari pertama (19/11).
.
Adik-adik #Pramuka ini berasal dari berbagai penjuru nusantara yang berafiliasi dengan Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).
.
Setelah “Opening Ceremony” oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar pada pagi hari, ada acara seru menanti seperti “booth”, kuis, dan “talkshow”.
.
Nah Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) turut mengisi materi pendakian di “booth” Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE).
.
Sejak “booth” KSDAE dibuka banyak adik-adik Pramuka yang mampir. Maklum saja karena notabene Pramuka acap melakukan kegiatan “outdoor”. Ya, mereka banyak bertanya soal aktivitas di alam seperti #pendakian dan #berkemah.
.
Selepas rehat siang, “mini talkshow” dengan tema Edukasi Pendakian Gunung digelar di depan “booth” KSDAE. Acara bincang santai ini menghadirkan Harley Bayu Sastha, pegiat alam bebas dan penulis buku Menggapai Puncak Gunung Ciremai sebagai pembicara bersama Kuswandono alias Kak Doni, Kepala Balai TNGC. Berperan sebagai moderator atau pemandu “mini talkshow” tersebut adalah Kak Agus Yudantara.
.
“Sebutkan satu saja satwa langka di gunung Ciremai?”, tanya Kak Doni kepada adik-adik Pramuka. Namun sayang tak ada yang berhasil menjawabnya.
.
Acara bincang ini berlanjut dengan pemaparan materi dari pembicara dan moderator yang selingi pertanyaan berhadiah souvenir gunung Ciremai seperti buku, mug, pin, tumbler, patch, dan topi gunung Ciremai.
.
“Sebutkan etika saat pendakian gunung?”, lempar Harley.
.
“Jangan mengotori sumber air”, seloroh salah satu adik Pramuka.
.
“Betul”, timpal Kak Doni.
.
Adik Pramuka ganteng asal #Bogor itu pun berhasil meraih hadiah souvenir.
.
Dalam “Mini Talkshow” ini pun diperkenalkan tentang 54 Taman Nasional yang ada di seluruh Indonesia serta program Ayo ke Taman Nasional. Demikian juga program pengenalannya melalui Jelajah 54 Taman Nasional yang diinisiasi oleh Harley Sastha bersama rekannya Medina Kamil, Chintya Tengens, dan Tyo Survival.
.
Selepas satu jam, “Mini talkshow” ini usai pukul setengah tiga sore.
.
#sobatCiremai, #Pertikawan tak khusus untuk Pramuka. Karena pengunjung umum pun boleh mampir ke sini.
.
So, ayo kunjungi acara Pertikawan pada 19 sampai 24 November 2019 di bumi perkemahan #Cibubur, Jakarta.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © Tim Admin & Koezky | 112019]

Ikuti Kami