Menteri LHK Lakukan Upacara HUT RI di Gunung Ciremai

Bagi masyarakat penyangga kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, perayaan upacara hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2022 kali ini sangat spesial. Hadir langsung bertindak sebagai Pembina Upacara, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya memimpin jalannya Upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. Rangkaian upacara dilaksanakan di Lapangan Desa Trijaya, yang berbatasan dengan kawasan TN Gunung Ciremai.

Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun ini, mengusung tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Terkait hal ini, Menteri Siti menyampaikan Presiden RI terus mendorong para Menteri, dan aparat, birokrat, unit kerja lapangan untuk bekerja bersama masyarakat dan untuk masyarakat.

“Kita harus bahu membahu untuk mempercepat pemulihan kondisi Indonesia di semua sektor, sekaligus bangkit guna menghadapi berbagai tantangan yang cukup kompleks. Banyak makna dan harapan yang tersimpan dalam tema ini, yang dapat kita jadikan pendorong semangat baru untuk terus tumbuh dan maju,” ungkapnya.

Dalam konteks ini, KLHK bekerja dan juga terus mendorong kolaborasi para pihak dalam upaya mencapai tujuan-tujuan dalam pemulihan lingkungan dengan segala tantangan, baik secara global maupun yang ada di tengah-tengah masyarakat. Tentu saja, upaya-upaya tersebut juga terus diintensifkan penanganannya, seperti mengendalikan illegal logging, pengendalian pencemaran lingkungan, menata kawasan hutan, mengurangi emisi gas rumah kaca yang merusak atmosfer. Sudah ada instrumen regulasi yang cukup lengkap begitupun telah mulai ada rencana operasionalnya.

“Mari kita terus kerja keras dan konsisten, serta terus memberikan sumbangsih capaian terbaik pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya, bagi negeri tercinta. Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia tercinta,” ujar Menteri Siti.

Pada upacara kali ini, Kepala Balai TN Gunung Ciremai menjadi Pemimpin Upacara. Para peserta upacara terdiri dari jajaran Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama KLHK, Forkopimcam Mandirancan, dan Kepala Desa Trijaya. Kemudian, barisan upacara juga diisi oleh elemen dari kelompok tani hutan, mitra masyarakat polisi kehutanan, masyarakat peduli api, organisasi masyarakat, kelompok masyarakat dan koperasi binaan balai TN Gunung Ciremai, organisasi kepemudaan dan pegawai Balai TN Gunung Ciremai yang jumlahnya lebih kurang 430 orang.

Usai upacara, agenda pun dilanjutkan dengan temu wicara Menteri LHK Siti Nurbaya dengan masyarakat binaan TN Gunung Ciremai yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH), Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP), serta lomba-lomba tradisional untuk masyarakat sekitar.

Pada saat yang bersamaan, Wakil Menteri LHK Alue Dohong juga hadir langsung bertindak sebagai Pembina Upacara bersama masyarakat penyangga kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang dilaksanakan di kawasan Tanjung Lesung Banten.

Ikuti Kami