Objek Wisata Alam Talaga Remis terletak di•Kabupaten Kuningan dengan nenawarkan konsep hutan wisata yang menarik. Perkembangan usaha wisata -=urttut usaha objek wisata untuk mengembangkan dan memasarkan produk jasa yang dibutuhkan telah tersedia dan tentunya berbeda dari para pesainznya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran tepat untuk dijalankan oleh Objek Wisata Alam Talaga Remis dalam upaya nenzpertahankan dan meningkatkan posisi pasar.
Salah satu unsur dalam strategi pemasaran terpadu adalah bauran -.=asaran. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengusahaan Obyek klam Talaga Remis tercermin dari bauran pemasaran (marketing mix), produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat atau distribusi (place).
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya, data digunakan untuk mengkaji lingkungan intemal dengan matriks IFE dan eksternal dengan matriks EFE. Kedua matriks tersebut digunakan zata= matriks yang bertujuan untuk melihat posisi perusahaan saat ini. Adapun ==rasan alternatif strategi dilakukan dengan analisis SWOT. Pengambilan cinlam perumusan strategi menggunakan analisis matriks QSPM.
Berdasarkan hasil tahapan analisis strategi pemasaran menunjukkan bahwa \kisata Alam Talaga Remis berada pada sel V berdasarkan matrik IE yaitu 3thintain dengan strategi yang tepat untuk dilakukan adalah penetrasi ;aresar Z42111 pengembangan produk. Sedangkan berdasarkan analisis SWOT ~11.-2/1 empat altematif yang dapat dilakukan oleh Objek Wisata Alam Talaga Dari empat alternatif strategi yang ada, alternatif strategi WT (Weakness-i—fr£:,x, yaa2 terpilih sebagai strategi prioritas utama yang pertama dari beberapa 5tratezi yang dianalisis dengan matrik QSPM dan didukung dengan iiatz= analisis SWOT.
WT (Weakness-Threat) yang terpilih sebagai alternatif prioritas -4ame 7er-2ma dan utama diharapkan dapat diterapkan oleh pihak pengusahaan Wf.sata Alam Talaga Remis yang bekerjasama dengan semua stakeholder masyarakat sekitar kawasan maupun pihak pengelola yaitu Balai 7-1111311C Gunung Ciremai.
Kata Kunci: Pernasaran, Objek Wisata Alam, Analisis QSPM
Unduh file pdf disini
Riset Lainnya
- Similaritas Morfologi Katak Yang Ditemukan Di Sisi Timur Taman Nasional Gunung Ciremai
- Analisis Permintaan Dan Nilai Ekonomi Pada Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Hulu Cai Paniis Dengan Metode Biaya Perjalanan
- Identifikasi Jenis Tanaman Berkayu di Kawasan Wisata Alam Lembah Cilengkrang Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)
- Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Lumut (BRYOPHYTA) di (Blok Leuweung Buah dan blok Ciwaruling) SPTN Kuningan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)
- Pengelolaan Kawasan Untuk Kegiatan Ekowisata Di Taman Nasional Gunung Ciremai
- Komposisi Jenis dan Struktur Tegakan Hutan di Taman Nasional Gunung Ciremai, Jawa Barat
- Keanekaragaman Makrozoobentos Di Sungai Cilengkrang Kabupaten Kuningan Jawa Barat
- Pengembangan Program Wisata Alam Berbasis Satwa Mamalia di Resort Mandirancan Taman Nasional Gunung Ciremai Provinsi Jawa Barat
- Analisis Pengembangan Daerah Wisata Talaga Remis Kabupaten Kuningan
- Identifikasi Sumber Pakan Kelelawar Pemakan Buah Dan Nektar Sub Ordo Megachiroptera Berdasarkan Analisis Pollen Di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai